Senin, 28 Maret 2011

PELATIHAN ACTIVE LEARNING MENINGKATKAN MUTU DOSEN UNIB


               Sesuai dengan visi dan misi P2AP yaitu  meningkatkan kompetensi dosen, maka implementasinya Unit Pelayan Teknis (UPT) Pelayanan dan Pengembangan Aktivitas Pembelajaran (P2AP) Unib mengadakan pelatihan dosen berbasis aktif learning. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 10-15 januari 2011. Pelatihan ini sendiri dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bengkulu Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc. Ph.D. Pelatihan ini berlangsung sangat menarik, dengan mengunakan dua segmen diantaranya  workshoproll out. Roll out ini sendiri merupakan proses mengajar di dan kelas pada masa semester genap.
Tujuan adanya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas mengajar dosen, seorang dosen dikatakan lulus dalam pelatihan ini apabila dosen tersebut mampu menyusun portofolio , kehadiran secara penuh 100%, mampu menyelesaikan tugas-tugas mandiri, membuat silabus dan Satuan Acara Perkuliahan, serta  mampu mengajar dengan metode active  learning ungkap Dra. Sri Saparahayu Ningsih. M.Pd  selaku ketua panitia/Kepala P2AP sekaligus pemateri dalam pelatihan.
Dalam pelatihan ini disampaikan beberapa materi pelatihan yang sangat menarik antara lain pembelajaran aktif di perguruan tinggi, berpikir tingkat tinggi di perguruan tinggi, model-model pembelajaran aktif di perguruan tinggi, pengembangan silabus, penilaian otentik, pemilihan topic dan pengembangan scenario media pembelajaran, praktek produksi kamera, praktek produksi kamera video, presentasi karya dan evaluasi, simulasi pembelajaran, teknik pendampingan, pengembangan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). SAP dan persiapan simulasi pembelajaran tugas mandiri dan terakhir adalah  Roll Out di fakultas masing-masing.  Sebagai narasumber yang berasal  dari internal  Universitas Bengkulu yang mempunyai kompetensi dan bersertifikat Nasional sangat kompeten diantaranya Prof. Ir. Nanik Setyowati, Ph.D,  Prof.Dr. Badeni. M.A.,  Prof. Dr. Riyanto, M.Pd,  Prof. Dr. Johan Sapri,  Dr. rer.nat. Totok Eko Suharto, M.Sc,  Dr. Alexson, M.Pd,  Dra. Sri Saparahayu Ningsih. M.Pd,  Drs. Heri Haryanto, M.Sc., serta T.A. Alamsyah Siregar S.E.
 “Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini meningkatnya cara mengajar dosen dengan menggunakan active learning, tersusunnya silabus dan SAP mata kuliah masing-masing dosen, terciptanya pemahaman media pembelajaran multimedia dan ini standar untuk seluruh universitas Bengkulu” tambah  Dra. Sri Saparahayu Ningsih. M.Pd. [rus/hms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar