Sabtu, 12 Maret 2011

Rancangan Pembelajaran Taman Kanak-kanak (Sri S)

1. SILABUS

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas dan penilaian hasil belajar. Silabus harus disusun secara sistematis dan berisikan komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian kompetensi dasar. Silabus di Paud formal pada kelompok usia 4-6 tahun dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan dan perencanaan harian
B.     PENGEMBANGAN SILABUS
a.      Perencanaan Semester
Perencanaan semester merupakan program yang dipetakan berisi jaringan tema, bidang pengembangan, kompetensi dasar, hasil belajar dan indicator yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1 dan 2
Langkah-langkah pengembangan program semester, sebagai berikut:
1.      Mempelajari Standar Kompetensi Dasar
2.      Menentukan Tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelompok dalam satu semester
3.      Membuat matrik hububungan Kompetensi Dasar. Dalam langkah ini yang harus dilakukan adalah memasukkan hasil belajar dan atau indicator kedalam jaringan tema
2. TEMA DAN SUB TEMA
     semester/ganjil
NO
TEMA
SUB TEMA
Waktu
1
Diri Sendiri
a.       Aku
b.      Panca Indra
c.       Kesukaanku
d.      Keluargaku
a.       1 minggu
b.      1 minggu
c.       1 minggu
d.      1 minggu
2
Kebutuhanku
a.       Makan dan Minum
b.      Pakaian
c.       Kesehatan dan kebersihan
d.      keamanan
a.       1 minggu
b.      1 minggu
c.       1 minggu

d.      1 minggu
3
Lingkunganku

e.      Rumahku
f.        Sekolahku
g.       Tempat tinggalku
a.       1 minggu
b.      1 minggu
c.       1 minggu
4
Binatang

a.       Binatang piaraan dan liar
b.      Darat, Laut dan Udara
a.       1 minggu
b.      1 minggu
5
Tanaman
a.       Sayuran
b.      Buah-buahan
c.       Hias
a.       1 minggu
b.      1 minggu
c.       1 minggu


3. CONTOH MODEL RKM
TEMA : DIRI SENDIRI

Pembiasaan

Seni

Fisik/Motorik

Kognitif

Bahasa

Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan
Menyanyi lagu “Doa”
Menyanyi lagu “Aku Punya Tangan dan Kaki”
Menyanyi lagu “Tuhan Maha Esa”
Mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan
Makan bersama

Menggambar bebas dengan pensil warna
Menggambar bebas dengan krayon
Menggambar bebas dengan kapur tulis
Menggambar bebas dari bentuk dasar titik (.)
Menggambar bebas dari bentuk dasar lingkaran (o)
Menggambar bebas dari bentuk dasar segitiga (D)
Mewarnai gambar orang
Mewarnai gambar buah
Mewarnai gambar mainan
Meronce manik-manik dengan 2 pola
Mencipta satu bentuk bangunan dari balok
Mencipta satu bentuk bangunan dari kepingan geometri
Permainan warna dengan krayon
Bertepuk tangan dengan 2 pola
Ritmik Terpimpin
Menyanyi lagu “Panca Indera”

Fisik/Motorik
Menyisir rambut
Mencuci dan melap tangan
Memakai sepatu sendiri
Membentuk mainan yang disenangi dengan plastisin
Membentuk dengan adonan tepung
Membentuk dengan pasir
Membuat garis lengkung
Membuat garis tegak
Menggunting garis lurus
Menggunting garis lengkung
Mencocok dan menempel gambar orang
Mencocok dan menempel gambar mainan
Menyusun 12 kubus menjadi bentuk menara
Berjalan pada garis lurus
1
 
Berjalan pada garis lurus dengan membawa beban
Meloncat dari ketinggian 30 cm
Memanjat, bergantung, berayun
Menendang bola ke depan
Menendang bola ke belakang
Merayap membentuk lingkaran
Merangkak menerobos simpai
Senam fantasi bentuk meniru
Mengelompokkan gambar anak gemuk dan anak kurus
Mengelompokkan gambar anak berambut keriting dan gambar anak berambut lurus
Mengelompokkan buah yang besar dan kecil
Mencampur warna yang disenangi anak
Mencari dan menempel gambar buah yang disenangi
Membedakan macam-macam suara perkusi
Membuat air teh
Membuat sirup
Membuat susu
Membedakan macam-macam bau
Menyebut urutan bilangan 1-5
Membilang dengan benda-benda 1-5
Membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda-benda
Menceritakan kegiatan waktu makan pagi
Menceritakan kegiatan waktu makan siang
Menceritakan kegiatan waktu makan malam
Menyusun kepingan puzle

Bermain tebak suara
Menirukan 4 urutan kata
Melakukan 3 perintah secara berurutan
Menyebutkan nama diri
Menyebutkan jenis kelamin
Bercerita tentang pengalaman
Bermain tebak gerakan duduk, jongkok, dll.
Bermain tepuk tangan menurut posisi




1 komentar: