1. SILABUS
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas dan penilaian hasil belajar. Silabus harus disusun secara sistematis dan berisikan komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian kompetensi dasar. Silabus di Paud formal pada kelompok usia 4-6 tahun dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan dan perencanaan harian
B. PENGEMBANGAN SILABUS
a. Perencanaan Semester
Perencanaan semester merupakan program yang dipetakan berisi jaringan tema, bidang pengembangan, kompetensi dasar, hasil belajar dan indicator yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1 dan 2
Langkah-langkah pengembangan program semester, sebagai berikut:
1. Mempelajari Standar Kompetensi Dasar
2. Menentukan Tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelompok dalam satu semester
3. Membuat matrik hububungan Kompetensi Dasar. Dalam langkah ini yang harus dilakukan adalah memasukkan hasil belajar dan atau indicator kedalam jaringan tema
2. TEMA DAN SUB TEMA
semester/ganjil
NO | TEMA | SUB TEMA | Waktu |
1 | Diri Sendiri | a. Aku b. Panca Indra c. Kesukaanku d. Keluargaku | a. 1 minggu b. 1 minggu c. 1 minggu d. 1 minggu |
2 | Kebutuhanku | a. Makan dan Minum b. Pakaian c. Kesehatan dan kebersihan d. keamanan | a. 1 minggu b. 1 minggu c. 1 minggu d. 1 minggu |
3 | Lingkunganku | e. Rumahku f. Sekolahku g. Tempat tinggalku | a. 1 minggu b. 1 minggu c. 1 minggu |
4 | Binatang | a. Binatang piaraan dan liar b. Darat, Laut dan Udara | a. 1 minggu b. 1 minggu |
5 | Tanaman | a. Sayuran b. Buah-buahan c. Hias | a. 1 minggu b. 1 minggu c. 1 minggu |
3. CONTOH MODEL RKM
TEMA : DIRI SENDIRI
Pembiasaan | Seni | Fisik/Motorik | Kognitif | Bahasa | ||
Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan Menyanyi lagu “Doa” Menyanyi lagu “Aku Punya Tangan dan Kaki” Menyanyi lagu “Tuhan Maha Esa” Mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan Makan bersama | Menggambar bebas dengan pensil warna Menggambar bebas dengan krayon Menggambar bebas dengan kapur tulis Menggambar bebas dari bentuk dasar titik (.) Menggambar bebas dari bentuk dasar lingkaran (o) Menggambar bebas dari bentuk dasar segitiga (D) Mewarnai gambar orang Mewarnai gambar buah Mewarnai gambar mainan Meronce manik-manik dengan 2 pola Mencipta satu bentuk bangunan dari balok Mencipta satu bentuk bangunan dari kepingan geometri Permainan warna dengan krayon Bertepuk tangan dengan 2 pola Ritmik Terpimpin Menyanyi lagu “Panca Indera” | Fisik/Motorik Menyisir rambut Mencuci dan melap tangan Memakai sepatu sendiri Membentuk mainan yang disenangi dengan plastisin Membentuk dengan adonan tepung Membentuk dengan pasir Membuat garis lengkung Membuat garis tegak Menggunting garis lurus Menggunting garis lengkung Mencocok dan menempel gambar orang Mencocok dan menempel gambar mainan Menyusun 12 kubus menjadi bentuk menara Berjalan pada garis lurus
Meloncat dari ketinggian 30 cm Memanjat, bergantung, berayun Menendang bola ke depan Menendang bola ke belakang Merayap membentuk lingkaran Merangkak menerobos simpai Senam fantasi bentuk meniru | Mengelompokkan gambar anak gemuk dan anak kurus Mengelompokkan gambar anak berambut keriting dan gambar anak berambut lurus Mengelompokkan buah yang besar dan kecil Mencampur warna yang disenangi anak Mencari dan menempel gambar buah yang disenangi Membedakan macam-macam suara perkusi Membuat air teh Membuat sirup Membuat susu Membedakan macam-macam bau Menyebut urutan bilangan 1-5 Membilang dengan benda-benda 1-5 Membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda-benda Menceritakan kegiatan waktu makan pagi Menceritakan kegiatan waktu makan siang Menceritakan kegiatan waktu makan malam Menyusun kepingan puzle | Bermain tebak suara Menirukan 4 urutan kata Melakukan 3 perintah secara berurutan Menyebutkan nama diri Menyebutkan jenis kelamin Bercerita tentang pengalaman Bermain tebak gerakan duduk, jongkok, dll. Bermain tepuk tangan menurut posisi |
siip
BalasHapus